Manajemen Pemasaran - Diah Febriani'S

Kamis, 09 Oktober 2014

Manajemen Pemasaran

Pemasaran
Menciptakan dan menangkap nilai pelanggan

What is marketing?
Marketing is managing profitable customer relationship (pemasaran adalah proses mengatur hubungan pelanggan yang menguntungkan).
Tujuan dari pemasaran adalah untuk menarik pelanggan baru melalui nilai perjanjian yang unggul dan untuk memelihara arus pertumbuhan pelanggan dengan memberi kepuasan.
Pemasaran adalah proses dimana perusahaan membuat nilai pelanggan dan membangun hubungan dengan pelanggan yang kuat dalam pemesanan untuk daya tarik dari pelanggan sebagai balasan.


Proses pemasaran
ada 5 langkah model proses pemasaran. Empat langkah pertama, perusahaan bekerja untuk memahami para pelanggan, membuat nilai pelanggan, dan membangun kuat hubungan dengan pelanggan. Dilangkah akhir, perusahaan mendapat keuntungan dari nilai pelanggan yang unggul dengan membangun nilai para pelanggan, mereka menangkap nilai pelanggan dari penjualan, keuntungan, dan modal pelanggan jangka panjang.

1.   Memahami pasar dan kebutuhan pelanggan
Lima inti pelanggan dan pasar:
  • Kebutuhan pelanggan, keinginan, dan permintaan
  • Penawaran pasar—produk, jasa, dan penawaran pengalaman pasar untuk kepuasan suatu kebutuhan atau keingginan.
  • Nilai pelanggan dan kepuasan
  • Pertukaran dan hubungan
  • Pasar
2.    Merancang strategi pemasaran yang dikemudikan
Mengatur pemasaran: seni dan ilmu pengetahuan memilih target pasar dan membangun hubungan
yang menguntungkan dengan meraka.
  • Memilih pelayanan pelangan
  • Memilih rencana
  • Mengatur orientasi pemasaran
Ada 5 konsep alternatif dimana organisasi mendesain dan mempengaruhi strategi pemasaran:
  1. Konsep produksi: gagasan pelanggan akan produk-produk kesayangan yang tersedia dan sangat terjangkau. Oleh karena itu, organisasi harus fokus pada peningkatan produksi dan efisiensi distribusi.
  2. Konsep produk: gagasan akan produk-produk yang menawarkan produk yang lebih berkualitas, daya guna dan keistimewaannya. Oleh karena itu, organisasi harus menyediakan energi untuk membuat kemajuan produk secara terus menerus.
  3. Konsep penjualan: gagasan untuk tidak cukup membeli produk perusahaan kecuali perusahaan melakukan skala penjualan dalam ukuran yang besar dan usaha promosi.
  4. Konsep pemasaran: sebuah filosifi yang mana organisasi mencapai tujuan yang dapat diandalkan dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan target pasar serta kepuasan yang diinginkan lebih baik daripada melakukan persaingan.
  5. Konsep pemasaran sosial: gagasan perusahaan dari ketegasan untuk memikirkan keinginan pelanggan, keperluan perusahaan, kepentingan konsumen jangka panjang, dan kepentingan masyarakat jangka panjang.

3.    Menyiapkan dan mengabungkan rencana dan program pemasaran.
4.    Membangun hubungan dengan pelanggan.
  • Mengatur hubungan dengan pelanggan
Merupakan proses pembangunan menyeluruh dan memelihara hubungan dengan pelanggan yang menguntungkan dengan memberi nilai pelanggan yang unggul dan memuaskan.
a. Kendala dalam membangun hubungan:nilai pelanggan dan kepuasan
Pelanggan-nilai rasa: pelanggan mengevaluasi perbedaan anatara semua keuntungan dan semua biaya penawaran pemasaran yang relatif untuk tawaran persaingan.
b. Kepuasan pelanggan: secara luas yang mana produk dilihat dari harapan seorang pembeli.
c. Level hubungan pelanggan dan peralatan
  • Mengubah dasar hubungan dengan pelanggan
a. Hubungan dengan lebih berhati-hati memilih pelanggan
b. Hubungan lebih dalam dan intetaktif
Pemasaran dunia sekarang tidak hanya berhubungan dengan pimpinan perusahaan , tetapi juga mengatur hubungan pelanggan—hubungan pemasaran dimana pelanggan hari ini menguasai teknologi digital baru, berinteraksi dengan perusahaan dan dengan yang lainnya untuk membentuk hubungan mereka yang baru.
c. Pemasaran pelanggan yang menghasilkan
Membuat pertukaran baru dari pelanggan—mengundang dan tidak mengundang—dimana pelanggan sebagai pemain peran peningkatan untuk membentuk pengalaman baru dan pelanggan lainnya.
  • Mengatur hubungan persekutuan
Pendekatan kerja dengan pasangan kerja di departemen perusahaan lainnya dan skema perusahaan untuk bersama-sama membawa nilai yang lebih besar untuk pelanggan.

Menangkap nilai dari pelanggan
  • Membuat pelanggan setia dan mengingatnya
Nilai pelanggan seumur hidup: nilai seluruh aliran dari pembelian seorang pelanggan membuat mereka berlangganan seumur hidup.
  • Menanam saham pelanggan
Saham pelanggan: porsi pembelian pelanggan terhadap perolehan perusahaan pada kategori produk.
  • Membangun modal pelanggan
Modal pelanggan: total nilai kombinasi pelanggan seumur hidup dari semua perusahaan pelanggan.

 
5.    Memilih pandangan pemasaran
Mengambarkan trend utama dan kekuatan dari memilih pandangan pemasaran di zaman perhubungan ini.
Ada 5 pokok pengembangan:
a.    Memilih lingkungan ekonomi
b.    Zaman digital
c.    Pertumbuhan dari pemasaran non-profit
d.    Laju globalisasi
e.    Pemasaran berkelanjutan—tanggung jawab sosial yang lebih.

Perusahaan yang sukses hari ini—apakah itu besar atau kecil, laba maupun non-laba, domestik atau global, pusat kekuatan saham pelanggan dan komitmen untuk pemasaran. Tujuan dari pemasaran adalah untuk membangun dan mengetahui hubungan pelanggan yang menguntungkan.

Source: Kotler,Philip dan armstrong.2014.Principles of Marketing.edisi 15.Amerika:Pearson

Tidak ada komentar:

@diahfebriani17