Proses Seleksi Masuk PT. PLN (Persero) - Diah Febriani'S

Selasa, 18 Februari 2020

Proses Seleksi Masuk PT. PLN (Persero)



Hola..
Kali ini aku mau berbagi cerita sedikit tentang proses seleksi masuk PT. PLN (Persero).
Nah sekarang ini sepertinya PLN sedang rutin membuka lowongan setiap tahunnya, mungkin postingan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang akan mengikuti tes atau sedang mengikuti tes.

1. Seleksi Administrasi Online
Di tahap pertama ini, kamu harus mengisi form pendaftaran secara online di website https://rekrutmen.pln.co.id tapi sebelumnya pastikan dulu kalau kamu memenuhi semua syarat-syarat umumnya ya. Proses Rekrutmen PLN hanya dari website resmi https://rekrutmen.pln.co.id (Hati-hati Penipuan, PLN tidak pernah minta dikirimkan data lamaran melalui email, semua berkas akan diupload di web resmi, dan pengumuman kelulusannya juga)




Seperti contoh gambar diatas, disitu langsung tertera lowongan bagian apa yg sedang dibuka, dan apa yang sudah ditutup. Syarat-syarat apa yang diminta bisa dilihat juga di web, tinggal kita pilih bidang mana yang akan kita apply.


Setelah kita apply beberapa hari atau beberapa minggu kemudian akan diumumkan apakah kita lulus seleksi Administrasi atau tidak dari web resmi tersebut (kalau dulu saya juga diumumkan melalui SMS dan email, mungkin notif kalau-kalau kita tidak buka web rekrutmen).
Contoh Notif melalui SMS dari PT PLN (Persero)


 Contoh Notif melalui email dari PT PLN (Persero). Jadi kesimpulannya, walaupun kita dikirim notif melalui Sms ataupun email, tapi tetap aja diarahin buat buka web resmi PLN.
Tips untuk Tes Administrasi ini adalah Lengkapi data sebisa mungkin saat pendaftaran. Ingat jangan malas mengupload berkas, karena berkas yang kamu upload inilah yang akan dijadikan pertimbangan, Jika datamu diisi secara lengkap dan benar insya Allah pasti lulus pada tahap ini.

2. AKDING (Akademik dan Inggris)
Di tes ini adalah tes secara online, yang terkait dengan minat profesi yang kita ambil. contoh minat profesi yang saya ambil adalah akuntansi, maka soal yang muncul dalam tes Akding ini adalah soal-soal Akuntansi, begitu juga soal bahasa inggrisnya. Jadi Tips untuk lewat tes akding ini adalah belajar bener-bener terkait minat profesi kita. Kalau minta ajarin sama orang sekeliling pun saran saya yang satu program studi dengan kita, biar nyambung. Kalau untuk akuntansi, kemarin yang banyak muncul adalah soal-soal jurnal terkait transaksi, lalu definisi dari akun, dll.

Alhamdulillah, setelah kurang lebih 1 Minggu lebih setelah tes Akding pengumuman tiba, dan alhamdulillah saya lewat.




Tidak ada komentar:

@diahfebriani17