Manajemen Pemasaran - Diah Febriani'S

Senin, 27 Oktober 2014

Manajemen Pemasaran



Chapter 3
Analisis Lingkungan Pemasaran

Linkungan Pemasaran adalah pelaku dan kekuatan luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang sukses dengan target pelanggan.
Lingkungan pemasaran terdiri dari lingkungan mikro dan lingkungan makro.

1. Lingkungan mikro
adalah lingkungan yang dekat dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pelanggan-berdirinya perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing, dan publik.
  • Perusahaan
  • Pemasok
  • Perantara pemasaran--perusahaan yang membantu perusahaan untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan barang ke pembeli akhir.
  • Pesaing
  • publik--kelompok yang memiliki kepentingan aktual atau potensial di atau berdampak pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya.
  • Pelanggan
2. Lingkungan Makro
adalah kekuatan sosial yang lebih besar yang mempengaruhi kekuatan mikro-demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya.
  •  Lingkungan demografi--studi populasi manusia dalam hal ukuran, kepadatan, lokasi, usia, jenis kelamin, ras, pekerjaan, dan statistik lainnya. 
a.Perubahan populasi  struktur usia
b. milenium (generasi Y)
c. Generasi pemasaran
d. Perubahan keluarga Amerika
e. Pergeseran geografis dalam populasi
f. Lebih baik berpendidikan, lebih kerah putih, populasi lebih profesional
g. Meningkatkan keanekaragaman
  • Lingkungan ekonomi
adalah faktor ekonomi yang mempengaruhi kemampuan membeli dan pola pengeluaran.
a. perubahan dalam pengeluaran pelanggan
b. Pendapatan distribusi
  • Lingkungan alam
adalah lingkungan yang melibatkan lingkungan fisik dan sumber daya alam yang dibutuhkan sebagai masukan oleh pemasar atau yang dipengaruhi oleh kegiatan pemasaran.
  • Lingkungan ketahanan
adalah mengembangkan strategi dan latihan untuk membuat sebuah dunia ekonomi pada planet yang dapat memberikan dukungan tak terbatas.
  • Lingkungan teknologi
adalah kekuatan yang membuat teknologu baru, menciptakan produk baru dan peluang pasar.

  • Lingkungan politik dan sosial
Lingkungan politik adalah hukum, instansi pemerintah, dan kelompok penekan yang mempengaruhi dan membatasi berbagai organisasi dan individu dalam suatu masyarakat tertentu. 
a.  UU yang mengatur bisnis
b. Tekanan yang meningkat pada etika dan tindakan tanggung jawab sosial.
c. Perilaku rensponsible sosial
d. Penyebab yang berhubungan dengan pemasaran
  • Lingkungan budaya
adalah lembaga dan kekuatan lain yang mempengaruhi nilai-nilai dasar, persepsi, preferensi, dan perilaku masyarakat. 
a. Bertahannya nilai-nilai budaya
b. pergeseran nilai-nilai budaya sekunder
 - Pandangan orang tentang diri mereka sendiri
- Pandangan orang tentang orang lain
- Pandangan orang tentang organisasi
- Pandangan orang tentang masyarakat
- Pandangan orang tentang alam
- Pandangan orang tentang alam semesta
Menanggapi lingkungan pemasaran 
seseorang pernah mengamati, "ada tiga jenis perusahaan: mereka yang membuat sesuatu terjadi, mereka yang menonton sesuatu terjadi, dan mereka yang bertanya-tanya apa yang terjadi". Banyak perusahaan melihat lingkungan pemasaran sebagai elemen tak terkendali yang mereka harus bereaksi dan beradaptasi. Menganalisis kekuatan lingkungan dan strategi desain yang akan membantu perusahaan menghindari ancaman dan memanfaatkan peluang lingkungan.

Dengan mengambil tindakan, perusahaan dapat mengatasi kejadian lingkungan yang tampaknya tak terkendali. misalnya, beberapa perusahaan mencoba untuk menutup-nutupi bicara negatif tentang produk mereka, yang lain informasi secara proaktif kontra palsu.

Manajemen pemasaran tidak bisa selalu mengontrol kekuatan lingkungan. dalam banyak kasus, harus puas hanya menonton dan bereaksi terhadap lingkungan. misalnya, sebuah perusahaan akan memiliki keberhasilan kecil yang mencoba untuk mempengaruhi pergeseran geografis populasi, lingkungan ekonomi, atau nilai-nilai budaya yang besar. tetapi bila memungkinkan, manajer pemasaran cerdas mengambil proaktif daripada pendekatan reaktif untuk lingkungan pemasaran.

Source: Kotler,Philip dan armstrong.2014.Principles of Marketing.edisi 15.Amerika:Pearson

1 komentar:

@diahfebriani17