- Segmentasi Pasar (Market Segmentation)
- Menetapkan segmen pasar konsumen
- Segmentasi Geografis--> membagi pasar menjadi unit geografis yang berbeda seperti negara bagian, wilayah, kabupaten, daerah kota atau bahkan lingkungan sekitar.
- Segmentasi Demografis--> membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan variabel seperti usia, jenis kelamin, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, generasi, dan kebangsaan.
- Segmentasi Psikologis--> membagi pasar menjadi kelompok berbeda berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, atau karakteristik kepribadian.
- Segmentasi perilaku--> membagi kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan atau respons konsumen terhadap sebuah produk.
- Menggunakan pasar multisegmentasi
- Menetapkan segmen pasar bisnis
- Menetapkan segmen pasar Internasional
Persyaratan untuk Segmentasi Efektif
- Terukur--> Ukuran, daya beli, dan profil segmen dapat diukur. Variabel segmentasi tertentu sulit diukur.
- Aksesibilitas-->Segmen pasar bisa juga dijangkau dan dilayani dengan efektif.
- Substansial--> Segmen pasar cukup besar atau menguntungkan untuk dilayani
- Dapat didiferensial--> Segmen dapat dibedakan secara konseptual dan direspons secara berbeda terhadap elemen dan program bauran pemasaran yang berbeda.
- Dapat ditindaklanjuti--> Program yang efektif bisa dirancang untuk menarik dan melayani segmen.
2. Penetapan Target Pasar (Market Targeting)Proses mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen untuk dimasuki.
- Mengevaluasi segmen pasar
1. Ukuran dan pertumbuhan segmen
2. Daya tarik struktual segmen
3. Tujuan serta sumber daya perusahaan
- Memilih segmen pasar sasaran
1. Pemasaran tanpa diferensial(Undifferentiated Marketing)
Strategi cakupan pasar dimana perusahaan memutuskan untuk mengabaikan perbedaan segmen pasar dan mengejar keseluruhan pasar dengan satu lawanan.
2. Pemasaran terdiferensial (Differentiated Marketing)
Strategi cakupan pasar dimana perusahaan memtuskan untuk menargetkan beberapa segmen pasar dan merancang penawaran terpisah bagi masing-masing segmen.
3. Pemasaran Terkonsentrasi (Concentrated marketing)
Strategi cakupan besar dimana perusahaan mengejar pangsa besar salah satu atau beberapa segmen atau ceruk(niche)
4. Pemasaran Mikro
Praktek penghantaran produk dan program pemasaran khusus untuk kebutuhan dan keinginan individual tertentu dan kelompok pelanggan setempat--termasuk pemasaran lokal dan pemasaran individual.
- Memilih strategi penetapan sasaran
- Pemasaran Sasaran yang Berwawasan Sosial
3. Diferensiasi (Differentiation)Setelah perusahaan memutuskan segmen mana yang dimasuki, perusahaan harus memutuskan strategi diferensiasi--Yaitu mendiferensiasikan penawaran pasar perusahaan yang sesungguhnya untuk menciptakan nilai pelanggan yang unggul. Tiga langkah tugas diferensiasi:
- Mengidentifikasi sekumpulan kemungkinan diferensiasi yang menciptakan keunggulan kompetitif
- Memilih keuntungan untuk membangun posisi
- Memilih keunggulan kompetif yang tepat
4. PositioningPengaturan produk untuk menduduki tempat yang jelas, berbeda, dan diinginkan produk pesaing dalam pikiran konsumen sasaran. Posisi produk (Product's Position) adalah cara produk didefinisikan oleh konsumen berdasarkan atribut penting--tempat dimana produk berada dalam pikiran konsumen dibandingkan produk pesaing. Strategi diferensiasi dan positioning:
- Peta positioning
- Memilih strategi diferensiasi dan positioning
- Mengindentifikasi perbedaan nilai yang mungkin dan keunggulan kompetitif
- Memilih keunggulan kompetitif yang tepat
- Memilih keseluruhan strategi positioning
- Mengembangkan pernyataan positioning
- Mengomunikasikan dan Menghantarkan posisi terpilih
Semoga Bermanfaat :)
Source: Kotler,Philip dan armstrong.2014.Principles of Marketing.edisi 15.Amerika:Pearson
Tidak ada komentar: